Camat  Diintruksikan Ikut Perbaiki Iklim Investasi
Camat  Diintruksikan Ikut Perbaiki Iklim Investasi
Bupati Irna Narulita memimpin rakoor di DPMPTSP Pandeglang, Kamis (4/10).

Camat  Diintruksikan Ikut Perbaiki Iklim Investasi

Redaksi
Kamis, 04 Oktober 2018 - 19:16:07 WIB
0 | Kategori: Daerah |Dibaca: 23

RESONANSI.id,- Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta para Camat bisa menciptakan iklim investasi yang baik dan mempermudah proses perizinan. Namun demikian, bupati juga mewanti-wanti agar caamat jangan sampai lost control, sebelum perizinan selesai administrasi perizinan harus sudah selesai.

“Jangan sampai izin belum ada, perusahaaan suddah beroperasi. Jika ada investor seperti itu, tanya baik-baik apa permasalahannya. Setelah itu dampingi dalam menyelesaikan proses izinnya," tegas Bupati Irna dalam rakor bersama para Camat terkait Satgas Perizinan di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (4/10).

          Menurutnya, Camat  harus dapat mendata potensi daerahnya untuk dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Jika mengetahui potensi yang ada, tentu setiap ada investor yang akan mengembangkan usaha Camat wajib mengetahui. Untuk izin usahanya, Camat bisa menjadi jembatan dalam proses perizinan," ujarnya.

 

Kepala DPMPTSP Ida Novaida mengatakan,  beberapa pekan lalu pihak DPMPTSP telah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke 35 Kecamatan. Tujuan monev agar potensi kecamatan dapat dikembangkan untuk menjadi sumber PAD dapat terdata. "Kami butuh bantuan Kecamatan, dan data potensi perizinan, akan diolah untuk menentukan Target PAD," katanya.

          "Kita mengeluarkan rekomendasi perizinan apabila semua persyaratan yang dibutuhkan telah selesai tipenuhi. Tinggal pihak kecamatan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengurus semua berkas perizinan yg dibutuhkan. Apabila sudah terpenuhi, kita langsung keluarkan rekomendasi izinnya," sambungnya.

          Camat Cimanuk Nuriyah membenarkan jika bupati mengintruksikan pihak kecamatan mendata potensi daerah yang dapat dijadikan Sumber PAD. Katanya, intruksi ini sangat bagus. “Kami siap melaksanakan pendataan karena di Cimanuk misalnya kami punya wisata air dan sekarang kita akan buat lagi kolam renang, jangan sampai saat investor yang masuk ini  dipersulit saat proses perizinannya," katanya. (red)



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook