Jokowi Tegaskan TNI Milik Nasional & Tidak Terkotak-kotak Politik
Jokowi Tegaskan TNI Milik Nasional & Tidak Terkotak-kotak Politik
dok/net

Jokowi Tegaskan TNI Milik Nasional & Tidak Terkotak-kotak Politik

Redaksi
Jumat, 05 Oktober 2018 - 14:59:28 WIB
0 | Kategori: Nasional |Dibaca: 18

RESONANSI.id, - Presiden Jokowi menegaskan politik TNI adalah politik negara. TNI harus terus berkomitmen menjaga netralitas dalam pesta demokrasi di Indonesia.

"Saya selalu menegaskan TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan yang tidak terkotak-kotak oleh kepentingan politik yang sempit," ucap Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara peringatan hari ulang tahun ke-73 TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, seperti dilansir liputan6.com, Jumat (5/10/2018).

Jokowi mengingatkan, loyalitas TNI harus terus dijaga demi keutuhan bangsa dan negara. TNI juga harus bisa membangun persatuan dan solidaritas antar-anak bangsa.

"TNI harus memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat sebagai kekuatan dasar dalam mewujudkan sistem pertahanan semesta," ujarnya.

Menghadapi tantangan global yang semakin ketat, Jokowi menginginkan TNI bisa beradaptasi dengan era digital. Di samping itu, harus pula tetap waspada terhadap upaya pihak-pihak yang hendak merongrong NKRI.

"Kita harus waspada terhadap rongrongan dari dalam yang mengganggu Pancasila sebagai dasar negara kita," tandas dia.

Sebelumnya, Jokowi berpesan kepada seluruh prajurit TNI agar memegang teguh sumpah prajurit dengan menjaga ideologi bangsa, yakni Pancasila. Jokowi juga meminta TNI untuk memberangus warisan PKI di Tanah Air.

"Sebagai panglima tertinggi angkatan darat, laut, udara, tugas saya adalah bersama-sama saudara menjaga NKRI, Pancasila, UUD, dan Bhinneka Tunggal Ika. Bersama-sama saudara melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas komunisme dan warisan PKI agar lenyap dari negeri Indonesia selamanya," tegas Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar TNI memperkuat diri dan menjalankan program strategis yang telah dirumuskan. TNI diharapkan bisa memainkan peranan penting di tingkat internasional.

"Sebagai panglima TNI tertinggi, TNI harus jadi angkatan bersenjata modern yang mampu memainkan peran sentral dan disegani di kawasan-kawasan dunia dan Asia," ucap dia. (red)

 



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook