Beni Sudrajat Ajak Ciptakan Pemilu Berkualitas
Beni Sudrajat Ajak Ciptakan Pemilu Berkualitas
Suasana kegiatan monitoring dan pengawasan pelaksanaan Regulasi Kepemiluan tahun 2019 di Pandeglang. dok KPU

Beni Sudrajat Ajak Ciptakan Pemilu Berkualitas

Redaksi
Sabtu, 06 Oktober 2018 - 14:23:57 WIB
0 | Kategori: Politik |Dibaca: 25

RESONANSI.id, -  Komisi II DPR RI bekerjasama dengan KPU RI dan KPU Kabupaten Pandeglang melaksanakan Monitoring dan Pengawasan Pelaksanaan Regulasi Kepemiluan tahun 2019, belum lama ini, di salah satu rumah makan di Alun-alun Pandeglang. Kegiatan ini dihadiri oleh organisasi kepemudaan, unsur Pemerintah Daerah Pandeglang, Komisioner KPU Provinsi Banten, Badan Pengawas Pemilu Pandeglang, Mahasiswa, dan Penyelenggara Pemilu tingkat PPK Se Kabupaten Pandeglang.

Dikutip dari laman resmi KPU Pandeglang, anggota Komisi II DPR RI Beni Sudrajat  menjelaskan seputar Pemilu, pengaturan mengenai pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, pengaturan kampanye pemilu, dan pengaturan tentang politik uang. Kata Beni, apa yang sampaikannya harus menjadi fokus bersama dan menjadi perhatian agar pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Pandeglang terlaksana dengan baik dan minim pelanggaran. “Kita harus bahu membahu menciptakan Pemilu yang damai dan berkualitas,” demikian pesan politisi Nasdem ini.

Sementar itu, saat sambutan pembukaan kegiatan, Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i menyatakan, Pemilu tahun 2019 ini harus betul-betul dilaksanakan dengan penuh suka cita, tidak ada hal-hal yang negatif yang dilakukan oleh semua peserta pemilu. Menurutnya, saat ini sudah memasuki masa kampanye dan sosialisasi merupakan proses pendidikan  politik bagi masyarakat agar mengetahui betul para calon pemimpin kedepan. “Dalam kampanye ada yang dilarang dan ada yang tidak dilarang, seperti pembatasan pencetakan baliho dan spanduk, juga bahan kampanye seperti stiker yang dilarang ditempel ditempat-tempat ibadah dan halamnnya, gedung pemerintahan, serta gedung pendidikan termasuk halamanaya, semua diatur dalam PKPU Nomor 33 tahun 2018 perubahan kedua atas PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu tahun 2019,” beber Sujai.

Narasumber dalam kegiatan monitoring dan pengawasan pelaksanaan regulasi kepemiluan ini adalah anggota DPR RI Komisi II Beni Sudrajat, Kepala Biro Perencanaan dan Data KPU RI Sumariyandono, Wakil Karo Perencanaan dan Data KPU RI, Subastian, Serta Komisioner KPU Banten, Agus Sutisna.

Karo Perencanaan dan Data KPU RI, Sumariyandono menyampaikan dalam paparan materinya bahwa pada tahun 2019 untuk pertama kalinya akan diselenggarakan pemilihan serentak yaitu pileg ddan pilpres. Katanya, tujuan diberlakukannya pemilu serentak ini memperkuat sistem presidensial serta efisiensi anggaran dan efektifitas mobilitas pemilih. (red)



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook