BPBD Pandeglang Pastikan EWS Tsunami Berfungsi
BPBD Pandeglang Pastikan EWS Tsunami Berfungsi
Petugas mengecek EWS

BPBD Pandeglang Pastikan EWS Tsunami Berfungsi

Redaksi
Senin, 08 Oktober 2018 - 07:27:34 WIB
0 | Kategori: Daerah |Dibaca: 17

RESONANSI.id, - Tsunami yang menerjang wilayah Sulawei Tengah menjadi  catatan tersendiri bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang. Soalnya, Pandeglang memiliki garis pantai terpanjang di Banten dan sebagian dihuni pemukiman.

Atas dasar ini pula, BPBD Pandeglang terus memastikan tiga unit sirine peringatan tsunami atau Early Warning System (EWS) di tiga kecamatan di Kabupaten Pandeglang yakni di Kecamatan Carita, Labuan, dan Sukaresmi dalam keadaan berfungsi dengan baik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Asep Rahmat mengatakan, sesuai laporan yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang, sirine peringatan tsunami di Pandeglang berfungsi sesuai peruntukannya. "Hasil koordinasi dengan BMKG, tiga unit sirine yang ada berfungsi dengan baik karena disana sudah ada petugas dari BPBD Banten yang selalu memantau," kata Asep.

Sirine tsunami yang disediakan, lanjut Asep, sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat ketika akan terjadinya bencana alam. "Kalau sudah ada peringatan, pastinya masyarakat bisa lebih tahu bencana alam apa yang akan terjadi. Masyarakat pun bisa mengetahui kemana saja mereka harus menyelamatkan diri pada saat terjadi bencana. Kalau sudah begitu masyarakat bisa lebih merasa aman," ujarnya. (red)



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook