Khabib Nurmagomedov melawan Beruang Hingga Conor McGregor
Khabib Nurmagomedov melawan Beruang Hingga Conor McGregor
istimewa

Khabib Nurmagomedov melawan Beruang Hingga Conor McGregor

Redaksi
Selasa, 09 Oktober 2018 - 00:17:23 WIB
0 | Kategori: Olahraga |Dibaca: 25

RESONANSI.id, Nama Khabib Nurmagomedov kini melabung dikalangan pecinta olahraga Mixed Martial Art (MMA). Pria asal Rusia itu berhasil mengukir rekor fantastis (27-0) usai mengalahkan megabintang UFC, Conor McGregor, di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (8/10/2018).

Nurmagomedov mengalahkan Conor McGregor pada ronde keempat. Lewat cekikan di leher, dan memaksa lawan memberi isyarat menyerah kepada wasit.

Siapa sebenarnya Khabib Nurmagomedov?

Dikutip dari berbagai sumber, Nurmagomedov lahir 20 September 1988 di desa Sildi Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia. Kawasan ini adalah daerah otonomi pecahan Uni Soviet.

Seperti dilandir liputan6.com, Nurmagomedov merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Dia memiiki kakak laki-laki bernama Magomed, dan adik perempuan bernama Amina. Pada tahun 2001, Nurmagomedov dan keluarganya memutuskan pindah ke ibu kota Makhachkala, ibu kota Dagestan. 

Sejak kecil, Nurmagomedov telah berlatih gulat oleh ayahnya. Bahakan dalam video yang diunggah diyotube, Nurmagomedov melakukan latihan gulat bersama beruang. Dia bahkan mengembangkan kemampuan beladirinya dengan berlatih Judo dan Sambo. Bahkan pada usia yang sangat muda, dia sudah berani bertolak ke Kiev, Ukraina, berlatih Combat Dobro.

Sebagai pendatang baru dia berhasil mencuri perhatian usai merebut empat kemenangan beruntun dalam sebulan. Hingga akhirnya mengantar Nurmagomedov ke panggung yang lebih megah, yakni arena (Ultimate Fighting Championship) UFC. Pada akhir tahun 2011, Nurmagomedov akhirnya menandatangani kontrak enam laga kelas ringan.

Satu per satu lawan yang mengadang berhasil ditaklukannya. Dimulai dari Kamal Shalorus (Januari 2012), lalu menyusul  Gleison Tibau (7 Juli 2012), Thiago Alvares (Januari 2013), dan Abel Trujillo (25 Mei 213). Selanjutnya Nurmagomedov kembali menang atas Pat Healy (21 September 2013) sebelum kemudian mengalahkan  Rafael dos Anjos (19 April 2014).

Cedera lutut sempat membatalkan sejumlah duel Nurmagomedov. Namun dia akhirnya keluar sebagai juara dunia UFC kelas ringan usai mengalahkan Al Iaquinta April lalu.

Nurmagomedov dikenal sebagai pemeluk Islam yang taat. Pria berpostur 178 cm tersebut bahkan menjadi petarung Muslim pertama yang berhasil menjadi juara dunia UFC. Dia pernah sangat marah kepada EA Sport karena membuat karakternya pada game tersebut melakukan selebrasi tanda salib saat memenangkan pertandingan.

"Saya Muslim dan tidak dibabtis. Tolong @EASPORTSUFC, perbaharui selebrasi kemenangan saya. Saya punya banyak fans Muslim dan Anda harus menghargai itu," tulisnya di Twitter.

Kecintaan Nurmagomedov terhadap Islam dan negarnya tidak bisa ditawar. Sikap ini lah yang membuatnya tidak mampu menahan emosi menghadapi provokasi kubu McGregor. Menurutnya, McGregor dan rekan-rekannya telah menghina agamanya, orang tua, dan negaranya sehingga membuatnya hilang kendali dan melancarkan serangan usai laga.

"Saya ingin mengubah olahraga ini. Saya tidak ingin orang-orang bisa bicara sembarangan tentang lawannya. Tentang ayah, agama. Anda tidak bisa mengomentari agama dan negara. Bagi saya ini sangat penting," ujar Nurmagomedov dalam jumpa pers usai duel. (red)



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook