Viras Diketahui Mengidap Mikrosefalus
Viras Diketahui Mengidap Mikrosefalus
Petugas kesehatan mengunjungi bocah yang menderita penyakit kepala yang kecil di Kelurahan Kabayan, belum lama ini/istimewa
Tim Puskesmas & Lurah Sudah Berkunjung

Viras Diketahui Mengidap Mikrosefalus

Redaksi
Selasa, 09 Oktober 2018 - 13:59:19 WIB
0 | Kategori: Kesehatan |Dibaca: 20

RESONANSI.id, - Derita Viras Nazmi Al Malika (9), putra pasangan Ahmad Al Furkon dan Meyta Nurul Widia, warga Kampung Kabayan Kota, Kelurahan Kabayan, Pandeglang atau kurang lebih satu kilometer dari Pendopo Pemkab Pandeglang. Viras sebelumnya diberitakan resonansi.id mengalami lumpuh layuh, sedikit mereda. Ini setelah pihak Puskesmas Cikupa dan aparatur Kelurahan Kabayan Kecamatan Pandeglang mendatangi rumah Viras dengan membawa sejumlah bantuan.

Menurut diagnosa dokter spesialis anak  dr Syarif Sp A di RSUD Berkah, Viras  memiliki penyakit kepala yang kecil (mikro  cepali) yang mengakibatkan pertumbuhan nya terganggu.  Saat hamil ibunya terserang virus Torch.

Kasubag Tata Usaha (TU) pada Puskesmas Pandeglang, Hartini, menyatakan jika Viras diketahui mengidap penyakit Mikrosefalus. Hartini mengaku Puskesmas Pandeglang memberikan pendampingan, meskipun sifatnya bukan pengobatan pada penyakit Mikrosefalus, akan tetapi hanya pada gejala-gejala yang diakibatkan oleh penyakit tersebut, seperti panas maupun dahaknya.

“Selama ini kita berikan perhatian khusus pada Viras, karena memang Bidan Oom itu kan petugas Puskesman Pandeglang, meskipun memang selama ini tindakan pengobatan yang dilakukan, bukan pada Mikrosefalus nya, akan tetapi hanya untuk mengobati gejala-gejala bawaanya saja, seperti halnya panas, pilek, batuk dan sesak nafas karena tenggorokannya selalu berdahak. Sementara kemungkinan sembuh atau tidaknya, saya tidak bisa katakan itu, karena itu ranahnya dokter yang harus menjelaskan,” ungkap Hartini.

Lurah Kabayan, Imat Rohimat mengatakan, bila pihaknya selama ini sudah, bahkan sering kali memberi bantuan pada Viras, meskipun tidak seberapa dan juga tidak rutin. Namun kata Imat pihaknya bersama Puskesmas Pandeglang, sering melakukan koordinasi terkait warganya yang bernama Viras tersebut. Karena memang diakui Imat, bahwa Lurah dalam hal ini, hanya berdifat administratif saja, sesuai dengan tugas dan fungsinya (Tupoksi). “Sebenarnya kita sudah memberikan bantuan, meskipun memang tidak secara stimulan,” jelasnya.

Menurut keterangan pihak Puskesmas Cikupa,  Viras yang sudah terkafer BPJS selanjutnya akan dialihkan kepesertaannya ke PBI APBD II agar meringankan beban dalam penanganan selanjutnya. (red)



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook