Sudah 98 Kepala Daerah Jadi Tersangka Korupsi
Sudah 98 Kepala Daerah Jadi Tersangka Korupsi

Sudah 98 Kepala Daerah Jadi Tersangka Korupsi

Redaksi
Kamis, 11 Oktober 2018 - 19:54:05 WIB
0 | Kategori: Nasional |Dibaca: 17

RESONANSI.id, -  Korupsi yang dilakukan kepala daerah semakin massif. Tercatat sudah ada 98 kepala daerah yang ditetapkan sebagai tersangka dan yang paling anyar adalah Bupati Malang Rendra Kresna yang ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

"Hingga saat ini sudah ada 98 orang (kepala daerah) diproses dalam tindak pidana korupsi," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantornya, dilansir detik.com di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

Bupati Malang diduga menerima suap Rp 3,45 miliar berkaitan dengan penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Dia juga diduga menerima gratifikasi Rp 3,55 miliar.

Utang Kampanye

Dari hasil pemeriksaan KPK, Bupati Malang Rendra Kresna juga diduga menerima suap Rp 3,45 miliar dari seorang swasta bernama Ali Murtopo. KPK menyebut penerimaan suap itu untuk pembayaran utang kampanye Rendra. "Setelah bupati menjabat, dilakukan proses pengumpulan fee proyek di Kabupaten Malang untuk kebutuhan pembayaran utang dana kampanye yang sudah dikeluarkan sebelumnya," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Saut menyebut Rendra tertarik 'bermain proyek' khususnya proyek pengadaan buku dan alat peraga pendidikan tingkat SD dan SMP. Rendra dan mantan timsesnya pun berupaya mengatur proses lelang melalui e-procurement. (red)

 

 



Penulis: Redaksi

0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook