20 Tahun Tak Terpakai, Eks Rumah Dinas Kepala SD Kedaleman 3 Dijadikan Rumah Belajar

Kegiatan belajar di eks rumah dinas kepala SD Kedaleman 3 Cilegon

RESONANSI.ID, CILEGON – Selama kurun waktu 20 tahun, gedung tua eks rumah dinas Kepala SD Kedaleman 3 tidak terawat dan tidak terpakai. Namun sejak tahun pelajaran 2020/2021, gedung tersebut oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Dr. H. Ismatullah, M.Pd dan di dampingi Kepala SD Kedaleman 3, Hj. Yuli Hartini, S.Pd mengamanahkan pengelolaannya kepada Hikmatullah selaku kepala sekolah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) GINAU agar di manfaatkan untuk kepentingan belajar bagi masyarakat yang kurang mampu.

Di masa pandemi covid-19 ini, PKBM GINAU Yayasan Sesarengan Sedulur Sedanten ini tetap konsisten melaksanakan kegiatan belajar mengajar baik di indoor maupun outdoor dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Meski belajar di ruangan gedung yang kumuh, beralaskan tanah, pengap dan gelap, para siswa tetap bersemangat untuk belajar.

Herman salah seorang Tutor PKBM GINAU saat di wawancarai menyampaikan bahwa warga belajar (anak-anak didik-red) rindu belajar tatap muka, untuk itu pihaknya mengupayakan untuk bisa tatap muka dengan tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan.

“Warga belajar rindu belajar tatap muka. Oleh karena itu kami menampung aspirasi siswa tersebut dan berinisiatif untuk tetap mengadakan belajar offline di samping belajar online yang selama ini kami lakukan,” tuturnya kepada Wartawan Resonansi.id, Minggu, (07/01/2021).

Hal senada di ungkapkan oleh Ismet, panggilan akrab Hikmatullah, Kepala Sekolah PKBM GINAU mengatakan dirinya sangat bersyukur melihat semangat warga belajar dan berterima kasih kepada semua pihak yang membantu.

“Kami bersyukur warga belajar masih semangat menuntut ilmu meski di hadapkan pada situasi yang tidak menentu (Pandemi Covid-19, red). Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon dan Kepala SD Kedaleman 3 yang memberikan ruang belajar bagi anak-anak didik kami serta pihak-pihak lain yang terus membantu. Kami juga mengetuk hati kepedulian masyarakat dan pihak manapun agar terlibat menanam kebaikan membantu dalam perihal pembangunan gedung PKBM yang masih jauh dari kata layak,” pungkasnya.

Diketahui, PKBM GINAU beralamat di Kampung Pengampelan Lingkungan Seruni Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Lembaga tersebut di bawah binaan Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF-SKB) Kota Cilegon yang di kepalai Ali Mahtum, SE., MM yang tak lain adalah gurunya (Hikmatullah-red) yang senantiasa mensupport demi kemajuan Pendidikan Non Formal, khususnya di Kota Cilegon.

Selain taman baca dan keaksaraan, di lembaga tersebut, terdapat program pendidikan kesetaraan Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA). Adapun jadwal pembelajaran tatap muka di selenggarakan setiap 2 hari dalam sepekan, yakni hari Jumat pukul 13.30.00-17.00 WIB dan hari Minggu pukul 09.00-12.00 WIB. (Leo/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here