38 SD Tak Punya Kepala Sekolah,Dindik Cilegon Siapkan Tes Calon Kepala Sekolah

RESONANSI.ID, CILEGON – Dindik kota Cilegon pihaknya akan menyiapkan tes kepada para calon kepala sekolah. Hal ini dikarenakan sebanyak 38 Sekolah Dasar Negeri tidak mempunyai Kepala Sekolah.

Humaedi selaku Kabid SD pada Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon mengatakan, banyaknya sekolah dasar di Kota Cilegon tidak memiliki pemimpin disebabkan kepala sekolah yang pensiun.

“Jadi, kalau dibandingkan urgen mana antara pengangkatan guru dan kepala sekolah, jelas kepala sekolah. Karena ia adalah pemimpin, dan sekolah harus punya pemimpin. Kalau rekrut guru tapi tidak ada pemimpin, sekolah itu gak akan bisa menyelesaikan administrasi,” katanya, Rabu, (19/05/21).

Dia mengatakan, kepala sekolah pada dasarnya mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan terhadap seluruh sumber daya yang ada dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah.

“Jadi memang tugas dan tanggung jawab kepala sekolah tersebut adalah merencanakan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengevaluasi seluruh kegiatan sekolah, yang meliputi bidang proses belajar mengajar, administrasi kantor dan lainnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, rekrutmen guru bisa melalui tes CASN atau melalui jalur PPPK. Karena sudah 5 tahun selama masa pemerintahan Pak Jokowi, ada moratorium yang melarang pengangkatan ASN, khususnya guru.

“Jadi, saat ini kami tengah menyiapkan tes calon Kepala Sekolah yang dibiayai APBN. Sampai dengan saat ini jumlah sekolah dasar di Kota Cilegon ada 150 SD Negeri dan 31 SD Swasta. Sementara untuk kebutuhan kepala sekolah sedang kami proses,” ujarnya. (Leo/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here