Bawaslu Bakal Tegur Penyelenggara yang Tak Kenakan Masker & Face Shield

76
Ketua Bawaslu RI Abhan melakukan monitoring pengawasan di Desa Tembong Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, Minggu (28/6/2020)

RESONANS.ID – Pelaksanaan Pilkada Pandeglang di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang.

Tidak hanya mengawasi dan memastikan pelaksanaan tahapan oleh KPU berjalan sesuai ketentuan, Bawaslu pun ternyata harus mengawasi penyelenggara yang abai terhadap keselamatan diri dari paparan Covid-19 seperti tidak mengenakan masker, sarung tangan, dan face shield (mika penutup muka).

“Tugas dan kewenangan pengawas saat pandemi Covid-19 tidak berubah malah bertambah secara teknis. Para pengawas diminta memperingatkan penyelenggara yang bertugas tanpa pelindung diri atau APD seperti masker dan penutup muka,” kata Fauzi Ilham, Senin (29/6/2020).

Soal kewajiban mengenakan APD kata Fauzi juga ditegaskan oleh Ketua Bawaslu RI Abhan yang datang langsung melakukan monitoring pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan di Desa Tembong Kecamatan Carita dan hunian sementara korban tsunami di Kecamatan Labuan, Minggu (28/6) siang.

“Pak Ketua Bawaslu RI sempet menegur petugas verfak yang tidak mengenakan pelindung muka. Teguran itu kami nilai sebagai penegasan bahwa memang APD menjadi elemen yang harus diawasi pula oleh kami dan jajaran di bawah,” tegasya.

Sementara itu, dalam keteranannya Abhan menyebutkan bahwa verfak balon perseorangan dilakukan  Minggu (28/6/2020) oleh penyelenggara. Abhan menyatakan harus memastikan jajaran pengawas bekerja optimal melakukan pengawasan verifikasi faktual.  “Verfak menuntukan valid atau tidak dukungan seseorang pada calon perseorangan,” kata Abhan.

“Tantangan berat saya kira saat ini kami  juga harus memerhatikan protokol penanganan Covid dan ini sudah diantisiasi dengan penggunaan APD (alat pelindung diri),” pungkas Abhan. (Yul/Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here