Bekerjasama Dengan KITech, Website Pemkot Cilegon Masih Rentan Terkena Hack

RESONANSI.ID, CILEGON – Seluruh server website Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sempat diputus. Hal ini dilakukan setelah website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terkena aksi pembajakan atau hack.

Asikin selaku Kabid PTIK Diskominfo Cilegon mengatakan bahwa website tersambung melalui satu domain Cilegon.go.id, untuk mengantisipasi pihaknya menutup terlebih dahulu seluruh server karena salah satu server di DPMPTSP terkena hack.

“Untuk antisipasi kita tutup dulu semua, karena salah satu server di DPMPTSP kena hack. Kita cek kemarin sore sudah aman akhirnya kita buka,” kata Kabid PTIK Diskominfo Cilegon, Asikin, Kamis (07/01/21).

Selain itu untuk antisipasi adanya kejadian serupa, Pemkot Cilegon telah bekerjasama dengan PT KITech dalam hal maintenance.

“Ini bukan karena ada pembaruan tampilan, tapi kita matikan karena ada web yang terkena hack. Kalau pemantauan, dan ada apa-apa kita koordinasi dengan PT Krakatau IT,” pungkasnya.

Sebelumnya, di situs resmi DPMTSP Kota Cilegon tertulis gambar dengan tulisan “sibuk menanam beton, sampai lupa menanam pohon.”

Di sisi lain, PT Krakatau Information Technologi belum memberikan keterangan kepada wartawan, dan masih coba dihubungi. (Leo/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here