Camat Cimanuk Monitoring Pembentukan Panitia Pilkades Dibeberapa Desa Binaan.

RESONANSI.ID, PANDEGLANG – Camat Cimanuk, Agus Riyanto monitoring pembentukan panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar Juli 2021 mendatang tingkat desa di beberapa desa binaan.

Sebelumnya, Kegiatan sosialisasi dan pembentukan panitia tingkat kecamatan bersama BPD dilakukan di Aula Kecamatan Cimanuk , Senin, (03/05).

“Kemarin kami melakukan sosialisasi bersama BPD di Aula Kecamatan sekaligus membentuk panitia tingkat kecamatan, hari ini memonitoring ke beberapa desa untuk melihat progres di desa-desa” Tuturnya, Rabu, (05/05/21).

Lanjut Agus, BPD membentuk pantia pilkades melalui musyawarah BPD dengan mengikutsertakan pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat desa yang hasilnya ditetapkan dengan keputusan BPD.

“Keanggotaan panitia pilkades terdiri dari 1 orang ketua, 1 orang sekretaris, 1 orang bendahara dan beberapa anggota lainnya sebagai tim 11 (perumus),” Ungkapnya.

Sedangkan, Pembentukan panitia pilkades tingkat TPS difasilitasi BPD melalui musyawarah. Nantinya, hasil musyawarah itu dituangkan ke dalam berita acara.

“Untuk panitia tingkat TPS nantinya akan dibentuk oleh panitia desa, sesuai jumlah TPS masing-masing desa sepeti di Pilkada, kemarin” dijelaskan Agus.

Ia juga menambahkan, Panitia dan BPD harus bisa menjadi penengah dan bersifat independen (tidak memihak) ke salahsatu paslon agar terciptanya kondusifitas di desa.

“Intinya panitia harus bisa memegang teguh kode etik, berlaku jujur, adil terbuka dan independent, jika ada masalah segera selesaikan secara kekeluargaan, jangan sampai menjadi masalah yang besar atau kedepannya sesama tetangga malah jadi tidak harmonis,” Tegasnya.

Lanjutnya, Ada beberapa hal yang berbeda pada Pilkades sebelumnya, selain tempat pencolosan dengan sistem TPS, juga penerapan protokol kesehatan covid 19.

“Karena Pilkades sekarang masih dalam situasi pandemi Covid19 maka, penerapan protokol kesehatan perlu dikasanakan ditiap tiap tempat pemungutan suara,” Tandasnya.

Sementara, Ketua Panitia Tingkat Kecamatan Aris Komarudin mengungkapkan, Jumlah desa yang akan melakukan pemilihan di kecamatan Cimanuk sebanyak 8 desa, diantaranya Desa Kadudodol, Desa Rocek, Desa Sekong, Desa Gunung Cupu, Desa Batubantar, Desa Kadubungbang, Desa Cimanuk, dan Desa Kupahandap.

“Dari 11 (sebelas) desa se Kecamatan, sebanyak 8 (delapan) Desa yang akan melakukan pilkades, kami dari tim kecamatan sudah memonitoring empat desa hari ini, besok kita lakukan di empat desa lainnya ,” Tutupnya. (Als/Red)

1 KOMENTAR

  1. I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this blog. Thanks , I will try and check back more often. How frequently you update your website?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here