Rab. Jun 19th, 2019

Diduga Ikut Kampanyekan Keluarga Bupati Pandeglang, Sejumlah Pejabat Dipanggil Bawaslu

Komisioner Bawaslu Pandeglang di Kantor Bawaslu setempat.

RESONANSI.ID – Dugaan ketidaknetralan ASN Pemkab Pandeglang menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang bermunculan. Setidaknya ini ditandai masuknya sejumlah laporan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Pandeglang terkait dugaan keterlibatan pejabat dan ASN dengan cara mengkampanyekan peserta Pemilu dari keluarga Bupati Pandeglang.

“Bawaslu Pandeglang memang telah menerima laporan dugaan pelanggaran pemilu yaitu dugaan keberpihakan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap salah satu peserta pemilu. Dugaan pelanggaran tersebut merupakan hasil temuan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cibaliung, Cimanggu dan Cigeulis yang kemudian diteruskan ke Bawaslu Pandeglang,” kata Ketua Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Pandeglang, Fauzi Ilham, di ruang kerjanya, Senin (11/2/2019).

Dugaan pelanggaran tersebut kata Fauzi diduga dilakukkan oleh Camat Cigeulis, Camat Cibaliung, Sekmat Cibaliung, Camat Cimanggu, Kepala, Puskesmas Cigeulis, Kepala Puskesmas Cibaliung, Kepala Puskesmas Cimanggu, Korwildikbud Cigeulis, Korwildikbud Cibaliung dan Korwildikbud Cimanggu. “Bawaslu Pandeglang telah melakukkan kajian bersama dan diputuskan dalam rapat pleno. Temuan tersebut telah memenuhi syarat formil dan materil berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2018 pasal 9 ayat 3, sehingga Bawaslu Pandeglang akan melakukkan pemanggilan terhadap ASN yang terlibat salam dugaan pelanggaran pemilu tersebut,” jelasnya.

Adapun jadwal pemanggilan sebenarnya telah dilakukkan pada hari Senin, 11 Februari 2019. Namun, tidak ada satupun yang hadir untuk memenuhi panggilang Bawaslu Pandeglang. Berdasarkan Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2018, maka akan dilayangkan panggilang kedua. “Bawaslu Pandeglang berharap agar pihak-pihak yang diduga terlibat tersebut bersikap kooperatif dalam memenuhi panggilan Bawaslu Pandeglang.” (Yul/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *