Giliran Balon Kades Pasirsedang Picung Ajukan Protes Hasil Tes

Balon Kades Pasirsedang, Kecamatan Picung, Eman Sudirman, dengan mengajukan surat keberatan Kepada Panitia Pilkades Kecamatan, Jumat (2/7) kemarin.

RESONANSI.ID – Selain protes dari Bakal Calon (Balon) Kepala Desa yang tidak lolos tes tulis dan wawancara dari Desa Kadupandak dan Desa Ciherang, ketidakpuasaan juga diajukan, salah satu Balon Kades Pasirsedang, Kecamatan Picung, Eman Sudirman, dengan mengajukan surat keberatan Kepada Panitia Pilkades Kecamatan, Jumat (2/7) kemarin.

Namun saat melayangkan surat keberatan, sekitar pukul 15.00 Pihak Panitia Kecamatan tidak ada di kantor, padahal sekitar pukul 14.00, mereka sudah mengutus perwakilan bahwa Eman Sudirman akan mengajukan surat keberatan. Surat keberatan pun terpaksa disampaikan kepada Camat, melalui telepon oleh Satria Pratama, pengacara Eman Sudirman.

Setelah dari Kecamatan, Eman Sudirman bersama pengacara serta puluhan pendukung bergerak ke sekretariat Panitia Pilkades tingkat Desa, dan diterima oleh Sairah, Ketua Panitia Pilkades Desa Pasirsedang.

Eman Sudirman mengatakan, pihaknya terpaksa mengajukan protes, karena selama mengikuti proses pencalonan, sering diserang oleh tim lawan dengan pernyataan bahwa dirinya tidak akan lulus menjadi calon Kades, kabar ketidaklulusan saya semakin santer disebar setelah beberapa saat selesai tes tulis dan wawancara, padahal panitia belum mengumumkan hasil tes.

“Dulu saya anggap bahwa saya tidak akan lulus tes, hanya salah satu strategi lawan untuk menjatuhkan mental pendukung, ternyata betul saya tidak lulus tes,” katanya.

Mengapa dirinya tidak serius menilai serangan bahwa dirinya tidak akan lulus tes, karena, menganggap dirinya secara pendidikan lebih baik, sebab memiliki izajah formal dari sekolah kejuruan, sementara lawannya, beberapa memiliki izajah lebih rendah.

“Yang lulus tes itu pendidikannya ada yang SMA sederajat dengan saya, izajah kelompak belajar atau kita kenal paket, dan ada yang lebih rendah dari saya,” katanya, sambil menambahkan pihaknya juga sedang melakukan penelusuran keabsahan izajah, salah satu calon yang dinyatakan lulus.

Seperti diketahui, Balon Kades Pasirsedang ada 8 orang, lima dinyatakan lulus, dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya, dan 3 dinyatakan tidak lulus tes.

Dalam keberatannya, Eman Sudirman meminta bukti otentik proses dan hasil tes tulis serta wawancara. Meminta bukti hasil tes tulis dan wawancara calon lain untuk dibandingkan, yang menjadi dasar keputusan panitia. Meminta panitia pilkades untuk memeriksa kembali syarat administrasi bakal calon kepala desa. Bila terjadi ketidaksesuaian pihaknya meminta tes ulang. “Bila tidak ada tanggapan, demi keadilan, saya berencana akan mengajukan gugatan hukum,” katanya. (Yul/Red)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here