Gugatan Pilkada Pandeglang 2020 Diterima MK

RESONANSI.ID, PANDEGLANG– Permohonan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 yang disampaikan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 02, Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamamy (Thoni-Imat) terhadap Paslon Nomor Urut 01 Irna Narulita- Tanto Warsono Arban (Irna-Tanto) diterima Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 diterima MK dengan Register Nomor 74 / PHP.BUP-XIX / 2021, pada 18 Januari 2021.

Menurut Ahmad Sujai, Ketua KPU Pandeglang dalam siaran Pers, KPU selaku pihak termohon pernyataan telah mempersiapkan dalil-dalil untuk membantah dan menjawab materi gugatan pihak pemohon (Thoni-Imat).

“Kami selaku pihak termohon menghormati permohonan gugatan dan kami telah mempersiapkan dalil-dalil untuk menjawab gugatan pemohon,” Ungkapnya, Selasa, (19/01/21)

Lanjut, Ahmad Suja’i bahwa selaku pihak termohon akan mengikuti tahapan sidang gugatan Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 yang diatur oleh MK. Karena tahapan itu akan dimulai pada tanggal 18-20 Januari 2021.

Berkaitan dengan gugatan Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 tersebut, maka KPU Pandeglang belum bisa melaksanakan tahapan penetapan calon terpilih, karena masih dalam tahapan permohonan di MK. Itu bisanya lima hari setelah ada putusan MK

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Pandeglang, Samsuri menyatakan telah menerima informasi tentang permohonan pendaftaran PHPU Paslon 02 pada 18 Januari 2021.

“Permohonan PHPU atau gugatan Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 dengan Register Nomor 74. KPU akan mengikuti tahapan-tahapan di MK. Soal nanti seperti apa hasil putusannya, itu tidak tahu dan itu kewenangan MK,” ujar Samsuri. (Als/Red)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here