Himbauan agar Stay at Home Selama Pandemi Covid Berdampak pada Anjloknya Pendapatan Pajak Hotel

Kondominium Lippo Carita, foto istimewa

RESONANSI.ID –  Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pandeglang berdampak pada anjloknya realisasi pendapatan pajak hotel. Jika pada tahun sebelumnya realisasi pajak hotel per Oktober tembus diangka Rp1,7 miliar, kali ini pajak diprakirakan hanya sekitar Rp 618 juta.

Anjloknya pendapatan sektor pajak hotel yang merupakan andalan Pemkab Pandeglang diakui oleh Kepada Badan Pelayanan Pajak Daerah Pandeglang Yahya Gunawan.

“Betul akibat Pandemi Covid-19 target pajak hotel berkurang dari Rp  1,7 miliar menjadi Rp 618 juta. Sampai dengan triwulan ke -3 tahun 2020, realisasi baru 84 persen,” kata Yahya, Rabu (7/10/2020).

Mantan Kadiskomsantik Pandeglang ini mengatakan, gencarnya himbauan stay at home selama Pandemi sangat berdampak pada tingkat okuvansi hotel. Di tambah juga ada instruksi Mendagri agar daerah memberikan insentif pajak dan telah disetujui bupati  lewat keputusan pemberian insentif pajak. “Kamis berupaya melakukan optimalisasi pelayanan pajak hotel kepada pelaku usaha di Pandeglang. Ia juga berharap situasi pandemi bisa segera berakhir,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pandeglang Widiasmanto menyatakan, tingkat kunjungan hotel bulan ini mengalami penurunan. Sebelumnya pada Juli-Agustus kunjungan hotel sempat normal, namun masuk September mengalami penurunan.

” Ini semua bukan karena dampak Covid-19 saja tapi dampak dari isu akan terjadi tsunami di Selat Jawa,” kata Widiasmanto.

Ia berharap pemerintah dapat membantu memberikan informasi bersifat promosi terhadap sektor pariwisata dan memastikan bahwa Pandeglang benar-benar aman dan nyaman.

“Dampak Covid-19 sangat berdampak terhadap penurunan omzet pelaku usaha. Ini perlu solusi untuk menormalkan situasi dan informasi sektor kepariwisataan, baik itu hotel, restoran maupun objek-objek wisata,” ujarnya.  (Yul/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here