Sel. Apr 23rd, 2019

Ikan Boboloso jadi Favorit Warga Saat Musim Banjir Tiba

RESONANSI.ID- Meluapnya sejumlah sungai di Pandeglang seperti Cilemer, Ciliman, dan Cimoyan, Cipunten Agung banyak dimanfatkan oleh warga untuk memburu ikan sejenis gabus bernama betutu atau ikan malas yang oleh warga Pandeglang dinamai ikan boboloso atau kontol kolot. Ikan ini ukurannya lebih kecil dibanding ikan Gabus yang hidup di air tawar atau hulu sungai hingga hilir muara.

Ikan boboloso menjadi tangkapan favorit warga saat sungai meluap karena rasanya yang mewah. Gurih dan legit bila digoreng atau dibakar. “Ikan ini mudah didapat kalau musim banjir. Cocok dimakan dengan sambal,” kata Tripan, pemancing asal Kecamatan Angsana.

Saat sungai meluap, kata Tripan, ikan boboloso berkeliaran ke sawah-sawah terbawa arus. “Kita tinggal menangkapnya dengan tangan kosong atau pakai kail,” jelasnya.

Selain enak dikonsumsi, Ikan Boboloso yang di Singapura harganya mencapai rp 300 ribu per kg juga ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral untuk tubuh manusia. Seperti kita tahu, mayoritas vitamin dan mineral tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Misalnya vitamin B kompleks. Padahal fungsinya amat penting dalam hal pertumbuhan dan regenerasi sel agar tubuh selalu sehat dan fresh. Berikut akan kami sajikan manfaat dan khasiat ikan Beloso untuk kesehatan dilansir dari khasiat.co.id.
1. Menurunkan Berat Badan
2. Mengatasi Depresi
3. Membantu Merawat Kulit
4. Meningkatkan Kecerdasan Anak
5. Menjaga Kesehatan kardiovaskular
6. Baik Untuk Program Diet Sehat
7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
8. Menurunkan Resiko Penyakit Degeneratif
9. Membantu Mengatasi Anemia
10. Membangun Otot
17 Manfaat Ikan Beloso yang Lainnya:
Kandungan minyak ikan beloso yang diperkaya dengan DHA membantu mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Dengan mengonsumsinya diikuti dengan berolahraga efektif dapat menurunkan lebih banyak lemak daripada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan. (man/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *