Sen. Jun 17th, 2019

Ingin Hentikan Dolbon, Warga Kampung Bahbul Arisan Closet

Direktur Laz Harfa Banten Indah Prihanande dan warga mengundi arisan closet, Senin (15/4/2019)

RESONANSI.ID – Guna menghentikan kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan (BABS)  atau dolbon (buang air besar dikebun) di Kampung Bahbul, Desa Kertaraharja, Kecamatan Sobang, Laz Harfa Banten menginisiasi arisan jamban.
Arisan ini sudah dua berjalan dua tahun dan mampu menurunkan angka kebiasaan BABS.

Selain arisan, warga Kampung Bahbul juga diberikan pelatihan pembuatan closet guna mempercepat turunya angka kebiasaan ini.

Narza Ketua RT 001 RW 003 Kampung Bahbul mengatakan, Kampungnya didiami oleh sekitar 300 penduduk. Tahun 2014 sekitar 70℅ penduduk yang tinggal di daerah ini memiliki kebiasaan Buang Air Sembarangan (BABS). Katanya, BABS ini dilakukan di belakang rumah, kebun atau ke kali sekitar perkampungan. “Hal ini diakibatkan oleh belum adanya kesadaran dari warga serta tidak adanya Sosialisai tentang buruknya BABS dari pemerintah setempat,” katanya, Senin(15/04/2019)

Selain tidak adanya sosialisasi, akses jalan yang rusak serta jauh dari pasar menjadi kendala bagi warga untuk tidak menggunakan closet di rumahnya. “Belum ada sosialisasi tentang BABS dari pemerintah desa”. Tambanya

Indah Prihanandi inisiator arisan jamban dari Laz Harfa menerangkan bahwa diadakannya arisan jamban ini dikarenakan Pandeglang menjadi nomor dua dari segi Buang Air Besar Sembarangan (BABS). “Perilaku ini dilakukan secara turun temurun, serta tidak adanya edukasi yang bagus tentang dampak buruk bagi kesehatan,” ujar Indah. (Faj/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *