Kam. Okt 17th, 2019

resonansi.id

News and Life Style

Jelang Ramadhan, Pembuat Kolang-kaling Mulai Kebanjiran Order

1 min read

RESONANSI.id – Produksi kolang-kaling di sejumlah daerah di Kabupaten Pandeglang meningkat pesat jelang Ramadhan 1440 H. Meningkatnya produksi buah Aren tersebut karena permintaan pasar yang mulai naik.

Sejumlah pengusaha kolang-kaling di Kampung Katumbiri, Desa Katumbiri, Kecamatan Cigeulis misalnya, sepekan terakhir sibuk mengolah bahan makanan yang laku keras saat puasa.

Salah satu pengusaha kolang-kaling, Uhen Suhendi mengatakan, banyaknya permintaan pasar membuat produksi kolang-kaling menjelang Ramadhan meningkat cukup pesat, sehingga usaha ini mampu mengurangi pengangguran didaerahnya.

“Banyak yang pesen kolang-kaling, jadi produksinya banyak, terus tetangga yang nganggur bisa kebagian sedikit rezeki (kerjaan) lah,” ujar Suhendi.

Tambah Suhendi, pemesan kolang-kaling datang mulai dari dalam daerah maupun luar daerah. “Kalo pesanan dalam daerah biasanya cuma 20 sampai 50 kg, kalo luar 2 kwintal bahkan sampai 3 ton,” Tambahnya.

Kolang-kaling siap diolah

Sayangnya, Uhen dan pengolah kolang-kaling tidak punya alat untuk mengupas buah aren yang sudah direbu. Ini membuat Suhendi dan beberapa tetangganya kewalahan untuk produksi dalam jumlah banyak. (Faz/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori