Kabar Baik, BUMDes Kedepan Akan Mendapatkan Pendampingan Khusus Kementerian

104

RESONANSI.ID – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan memberikan pendampingan khusus bagi BUMDes, dalam rangka membangkitkan ekonomi desa pasca dilanda pandemi Covid-19, hingga saat ini sudah ada 51 ribu BUMDes di seluruh Indonesia. BUMDes itu akan digerakkan kembali setelah beberapa bulan terakhir sempat mati suri karena terdampak Covid-19.

“Saat ini kami upayakan bangunkan kembali dengan berbagai ikhtiar,” ungkap Gus Menteri saat menjadi keynote speech di Webinar yang diselenggarakan Universitas Indonesia, seperti dikutip kompas.com, Senin (06/07/2020).

Gus Halim melanjutkan, dari total 51 ribu BUMDes yang ada, sudah ada sekitar 17.571 BUMDes yang telah melakukan registrasi ulang untuk dilakukan pendampingan khusus dari Kemendes PDTT.

“Yang sudah registrasi akan dilakukan pendampingan dengan tatanan hidup baru dengan upaya digitalisasi BUMDes,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, selain pendampingan khusus bagi BUMDes, Kemendes PDTT juga mulai  membuka desa-desa wisata yang akan menjadi penopang utama kebangkitan ekonomi desa.

“Selanjutnya itu kita juga lakukan registrasi desa wisata yang pada akhirnya dilakukan digitalisasi Desa Wisata. Dua hal ini sangat penting karena basis ekonomi ada disitu,” pungkasnya.

Sementara Asep Munawar Kasi DPMPD Kabupaten Pandeglang, mengungkapkan pihaknya sudah memerintahkan kepada pelaku BUMDes se kabupaten agar segera registrasi atas dasar permintaan dari kementerian.

“Hingga saat ini baru 95 BUMDes yang sudah registrasi, dari jumlah desa sebanyak 326 Desa,” ungkapnya.

Lanjut Asep, masih banyak BUMDes di Pandeglang yang belum melaksanakan arahan tersebut dikarenakan banyak faktor di lapangan.

“Di Pandeglang kadang belum semua juga dapat registrasi karena kendala sinyal, makanya registrasinya masih berproses terus,” tutunya.

Namun beliau berharap semua BUMDes di Pandeglang bisa registrasi secara maksimal kedepannya.

“Walau banyak kendala namun saya berharap beberapa hari kedepan, semua bisa registrasi” Tutupnya. (Als/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here