Kenali Fungsi dan Keunggulan Face Shield

Seorang warga mengenakan face shield

RESONANSI.ID – Semenjak pandemi Covid-19 masyarakat memiliki berbagai kebiasaan baru serta berupaya melakukan perlindungan diri dari paparan virus yang kali pertama muncul di Wuhan Tiongkok akhir 2019 silam. Salah satu kebiasaan yang muncul adalah menutupi wajah dengan plastik yang diikatkana ke kepala atau dikenal dengan face shield.

Mereka yang mengenakan plastik bening ini rata-rata pekekerja yang sering berinteraksi dengan orang lain baik dikantor maupun di luar ruangan. Belakangan ini, face shield juga digunakan oleh penyelengara Pilkada baik KPU dan Bawaslu saat melaksanakan tugas.

Lantas apa sebenarnya fungsi face shield? Sebelum mengenal fungsinya baiknya kita tahu dulu definisi alat ini. Face shield dikutip kids.grid.id adalah alat pelindung diri (APD). Bentuknya berupa penutup wajah seperti perisai yang terbuat dari plastik transparan. Face shield dapat mengurangi penularan infeksi penyakit termasuk virus corona yang menyebabkan COvid-19.

Face shield dapat melindungi masyarakat seperti halnya para petugas medis yang rentan tertular virus corona. Hal itu diungkapkan oleh ahli penyakit menular dari University of Iowa, AS, Dr. Eli Perencevich sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Keunggulan dan Kelemahan Face Shield

Menurutnya, face shield berbeda dari masker, Kids. Alat ini bisa melindungi seluruh bagian wajah termasuk mata, hidung, dan mulut.

Face shield dianggap lebih praktis digunakan daripada masker. Alat ini memungkinkan kita untuk bisa bernapas relatif lebih nyaman. Selain itu, alat ini juga bisa membantu seseorang yang bergantung pada pembacaan bibir untuk berkomunikasi karena bentuknya yang bening transparan.

Namun, ada juga kelemahan dari face shield ini. APD ini memiliki celah pada bagian samping dan juga bawah. Celah tersebut masih memungkinkan partikel kecil seperti virus untuk masuk. Nah, berbeda dengan masker yang bisa menutup rapat area hidung dan mulut kita jika dipakai dengan cara yang benar. (Red)

2 KOMENTAR

  1. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and
    I was wondering your situation; many of us have developed some nice procedures and we are looking to
    trade methods with other folks, be sure to shoot
    me an email if interested.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here