Rab. Jun 19th, 2019

Kolam Pemandian Syeh Mansurudin Cimanuk Mendadak Ramai Pengunjung

Pemandian Cibulakan Patilasan Syeh Mansyurudin

RESONANSI.id – Pasca Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, Pemandian Cibulakan Kampung Kadujeruk Desa Dalambalar Kecamatan Cimanuk Pandeglang, mendadak ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Jum’at (07/06/2019).

Berderet saung saung penjual makanan ada disana, mulai dari makanan ringan, mie rebus, kopi dan jajanan lainnya untuk menyuguhi para pengunjung yang datang kesana.

Menurut Oni Jahroni Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cimanuk saat diwawancara resonansi.id
Setiap harinya, tempat ini biasa saja, hanya ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal untuk mandi atau berenang anak anak kampung, akan tetapi semenjak adanya pengembangan kolam baru, yang sebentar lagi akan resmi dibuka tempat ini mendadak ramai oleh pengunjung.

“Awalnya tempat ini merupakan salah satu patilasan Syech Mansyurudin Cikaduen, oleh masyarakat setempat khususnya tetangga (desa Batubantar) kolam ini dimanfaatkan sebagai sumber air bersih dan tempat pemandian untuk umum”, Tuturnya.

Oni menambahkan pemandian ini dari awal memang sangat bagus jika dikembangkan, bahkan sebelumnya kami sebagai pendamping desa pernah mencoba untuk mempublikasikannya dengan Capturing akan tetapi batal karena masih adanya ketidakjelasan status tanah, sehingga kami menundanya” Tuturnya.

Adanya Pengembangan  tempat ini menurut Oni  tentunya perlu  adanya kerjasama antara desa dengan pihak pengembang agar lebih baik kedepannya, misalnya dalam perencanaan tata ruang, serta pengelolaan yang partisipatif.

Kolam Pengembangan Pemandian

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya pengembangan pemandian ini, walaupun pihak (swasta) perorangan, Kedepan tentunya harus ada partisipasi masyarakat dalam pengembangan serta memanfaatkan potensi lokal ini demi kesejahteraan masyarakat sekitarnya bukan sebagai bentuk keuntungan pihak tertentu saja, Pungkasnya. (Als/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *