Liverpool Juara Liga Inggris, Penantian 30 Tahun pun Berakhir

Pemain Liverpool merayakan kemenangan. foto istimewa

RESONANSI.ID – Liverpool memastikan tampil sebagai juara Liga Inggris musim ini. Kepastian ini didapat setelah Manchester City kalah di kandang Chelsea 2-1, Jumat (26/6/2020) dini hari WIB.

Kekalahan membuat City cuma mengoleksi 63 poin di peringkat kedua klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-31. Raihan The Citizens takkan bisa mengejar Liverpool di 7 laga tersisa, sebab Mohamed Salah dkk sudah mengoleksi 86 poin. Raihan poin Si Merah sudah dipastikan tak lagi bisa terkejar oleh The Citizens di laga sisa.

Buat Liverpool, ini merupakan titel yang pertama di era Premier League. Secara keseluruhan, itu merupakan gelar juara ke-19 di divisi teratas Liga Inggris sejak kali terakhir The Reds meraihnya pada 1989/1990.

Satu hal yang menarik, seperti dicatat Opta, keberhasilan Liverpool juara Liga Inggris sudah terjadi dalam delapan dekade berbeda yakni 1900-an, 1920-an, 1940-an, 1960-an, 1970-an, 1980-an, 1990-an, dan 2020-an.

Catatan tersebut jadi pencapaian tersendiri karena tak ada tim lain yang pernah melakukannya. Arsenal, Everton, dan Manchester United menjadi yang paling mendekati, dengan capaian tujuh dekade berbeda.

Keberhasilan ini menjadi sejarah bagi Liverpool. Anak asuh Juergen Klopp akhirnya bisa mencicipi trofi juara Liga Inggris lagi, setelah menunggu selama 30 tahun.

Keberhasilan di musim 2019/2020 membuat Liverpool bisa melengkapi statusnya, dengan juga menjadi juara di era Premier League. Jika ditotal, Liverpool kini punya 19 gelar juara liga, yakni 18 dari Divisi Satu dan satu gelar Premier League.

Manajer Juergen Klopp mempersembahkan gelar itu untuk Kenny Dalglish dan Steven Gerrard. Klopp tak pernah menyangka menjadi manajer yang sukses membawa Liverpool juara Liga Inggris. Dia mempersembahkan gelar juara untuk para legenda Liverpool yang selalu mendukungnya.

“Ini tidak bisa dipercaya. Ini melebih dari apa yang pernah saya bayangkan. Gelar ini untuk Kenny yang sudah banyak mendukung kami, itu untuk Anda. Untuk yang sudah menunggu 30 tahun dan itu Stevie (Gerrard),” kata Klopp kepada Sky Sports.

“Para pemain mengagumi kalian semua. Semoga ini memotivasi tim karena sejarah kami yang hebat,” tegasnya. (Red)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here