Sel. Apr 23rd, 2019

Mobil Tujuh Penumpang Banyak Disukai Konsumen Indonesia

Mitsubishi Xpander

RESONANSI.ID – Mobil tujuh penumpang banyak disukai konsumen Indonesia. Baik berupa LMPV, MPV maupun jenis kompak SUV. Kebudayaan yang mementingkan keluarga, turut mempengaruhi keputusan serta daya beli masyarakat. Makanya mobil dengan kapasitas penumpang banyak dan harga yang masuk akal pun diserbu peminat. Berikut kami sajikan lima pilihan mobil keluarga yang banyak digemari dilansir dari oto.

Avanza

1. Toyota Avanza`
Sebagai teman keluarga, Avanza nyatanya menjadi produk nomor satu di segmen LMPV. Hampir di sepanjang tahun, total penjualan Avanza mencapai 75.493 unit (wholesales). Hasil itu torehan dari penjualan reguler dan fleet market. Konon sebentar lagi (Januari 2019), saudara kembar Daihatsu Xenia ini bakal meluncur dengan ubahan baru alias facelift.
Yang pasti, Avanza menggendong jantung pacu bensin 1,3 liter dan 1,5 liter. Keduanya memiliki konfigurasi 4-silinder dengan imbuhan sistem waktu (timing) pembakaran dual VVT-i yang lebih akurat. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dua noken as alias DOHC, dan memiliki 16 katup untuk proses pembakaran (valve).
Mesin 1.3 liter memiliki tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm, plus torsi maksimum 120,6 Nm pada 4.200 Nm. Sedangkan mesin 1.5 liter menghasilkan 104 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi puncak 136,3 Nm di putaran 4.200 rpm. Pada bagian transmisi masih menganut 4-speed otomatis dan 5-speed manual. Harganya dibanderol mulai dari Rp 191 jutaan hingga Rp 221,2 juta.
Mitsubishi Xpander

2. Mitsubishi Xpander

Pilihan kedua yang masih banyak diminati ya Xpander. LPMV bikinan Mitsubishi ini punya desain yang menggoda. Hampir sepanjang tahun, mobil ini laku 71.219 unit. Penjualan yang biasanya bisa mencapai tujuh ribuan unit saban bulan, kini turun menjadi lima ribuan saja. Akunya mereka, pembeli sudah masuk ke ‘real konsumen’ yang butuh mobil tujuh penumpang. Bukan lagi yang membeli lantaran emosional, sebagai barang anyar.
Nah, berbicara soal spesifikasi, mesinnya berkapasitas 1,5 liter berteknologi MIVEC. Jantung mekanis bensin mampu menghasilkan tenaga hingga 105 PS dan torsi 141 Nm. Jujur saja, angka itu bukanlah yang terbaik. Sebab kompetitor lain menawarkan mesin yang lebih bertenaga. Jika Anda mau membeli, Xpander ditawarkan mulai dari Rp 201,1 juta sampai Rp 255,9 juta.

Toyota Calya

3. Toyota Calya
Selama 11 bulan Toyota Calya mampu mengamankan penjualan 59.244 unit. Segmentasinya menyasar kelas menengah ke bawah. Mobil ini menjadi idaman keluarga muda dan pecinta keluraga, lantaran harganya di bawah Avanza-Xenia. Dengan kapasitas 5+2 penumpang, Calya menjadi daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia.
Calya ditawarkan dengan banyak fitur di setiap varian, sehingga membuatnya kompeten di segmen LCGC. Di bawah bonet Calya G AT tertancap mesin bensin 1.197 cc yang menghasilkan daya 87 hp. Lalu torsi maksimumnya mencapai 108 Nm. Toyota Calya terbilang efisien. Dengan konsumsi BBM 13 km perliter untuk melesat di dalam kota dan 19 km perliter di luar kota. Harga yang diberikan mulai dari Rp 132,75 juta sampai Rp 154,7 juta.

4. Toyota Kijang Innova
Pabrikan tetap membubuhkan nama Kijang pada Innova. Pasalnya, sudah menjadi legenda mobil keluarga di Indonesia. Di kelas MPV mobil ini tetap laris manis selama 2018. Ia sanggup meraup penjualan sebanyak 54.669 unit. Target pemasarannya, kalangan mapan menengah ke atas yang butuh mobil lebih lega.
Innova punya mesin bensin dan diesel berkode 2GD-FTV 2,4-liter. Sebagai varian tertinggi, (Venturer diesel) dilengkapi sistem bahan bakar common-rail dan diperkuat Variable Nozzle Turbochared (VNT).
Pengembangan yang dilakukan untuk mengejar performa, efisiensi, dan emisi lebih baik lagi. Pertama dengan penyempurnaan pada ruang bakar dan mengembangkan turbocharger yang lebih kompak. Hasilnya, tenaga melonjak signifikan menjadi 147 hp dengan torsi 360 Nm. Harganya ditawarkan mulai dari Rp 305,15 juga hingga Rp 410,65 juta.

5. Toyota Rush
Mobil yang paling banyak diminati memang kebanyakan bikinan Toyota. Parameter yang kami gunakan, data penjualan Gaikindo selama 11 bulan 2018. Dan salah satunya Rush yang terjual 49.650 unit. Kompak SUV yang dikenalkan pada November 2017, punya jubah baru. Menariknya, kala itu harga yang diberikan sama dengan model lawas. Atusiasme pasar pun menyembutnya dengan baik.
Namun ia tetap menggunakan mesin bensin 1,5 liter. Engine berkode 2NR-VE ini mampu mengembuskan tenaga 104 PS. Lalu torsi maksimal dipatok pada angka 136 Nm. Apalagi dengan skema penggerak roda belakang, Rush dirasa masih mampu menghadirkan performa gerak yang optimal. Harganya mulai dari Rp 242,15 juta hingga Rp 263,55 juta. (man/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *