Kam. Mei 23rd, 2019

One Day Service Tidak Berlaku di Disdukcapil Pandeglang

RESONANSI.id – Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Pandeglang tidak memberlakukan pelayanan administrasi kependudukan dengan satu hari pelayanan atau sering disebut one day service sesuai Permendagri Nomor 19/2018.

Seperti dikatakan salah seorang warga yakni Rizki Hardian yang tengah mengurus e-KTP mengaku jika pelayanan pembuatan e-KTo di Pandeglang sangat buruk. Pasalnya, ia harus menunggu seminggu pasca persyaratan dinyatakan lengkap oleh petugas disdukcapil.

“Pelayanannya buruk dan memakan waktu lama. Saya harus nunggu seminggu setelah berkas diserahkan ke petugas Disdukcapil,” ujarnya, Selasa (14/5/2019).

Menurut Rizki, jika proses pembuatan e KTP sampai empat hari, itu berdampak buruk bagi masyarakat. Karena Masyarakat harus pulang pergi ke Disdukcapil dengan ongkos yang tidak sedikit.

“Kalau sampai seminggu gini, dampaknya buruk bagi kami (masyarakat), soalnya perjalanan dari daerah saya sampai Disdukcapil itu sampai makan waktu dua jam dengan ongkos yang tidak sedikit, ini juga maksain buat urus ktp, sampai sini malah harus nunggu lagi seminggu,” keluhnya.

Jika mengacu pada Permendagri Nomor 19 Tahun 2018, yang tertuang pada BAB II (Pasal 3) Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan disebutkan
“Penerbitan dokumen kependudukan sebagaimana  dimaksud pada ayat (1) diselesaikan dalam waktu 1 jam dan paling lama 24 jam sejak persyaratan dinyatakan lengkap oleh petugas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.”

Namun pada kenyataannya, Pemrendagri ini masih belum direalisasikan dengan baik oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (Faz/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *