PKL Pandeglang Minta Dibina Kadin PB

210
Suasana audiensi perwakilan PKL Pandeglang dengan Kadin PB, Kamis (5/3/2020)

RESONANSI.ID- Perwakilan pedagang kali lima (PKL) dan kuliner yang berjualan di kawasan Perhutani dan Gedung Juang meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) PB Pandeglang memfasilitasi serta melakukan pembinaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk jangka pendek yakni dengan melaksanakan Bazar Ramadan yang diusulkan digelar di Alun-alun Pandeglang.

Perwakilan pedagang, Mang Soleh mengatakan, para pedagang di Perhutani dan Gedung Juang yang selama ini masuk dalam paguyuban, siap untuk menjadi binaan Kadin PB Pandeglang.

Menurut dia, hal tersebut sangat perlu dilakukan karena Kadin PB Pandeglang juga memiliki tugas untuk melakukan pembinaam terhadap pedagang dan UMKM.

“Selama ini kan yang tergambar itu Kadin adalah wadah pengusaha jasa konstruksi, tetapi ternyata tidak. Di dalamnya ada bidang yang mengurusi pedagang dan UMKM dan kami siap menyatukan pedagang yang selama ini di paguyuban A, B atau C menjadi binaan Kadin PB Pandeglang,” ujar Mang Soleh, saat beraudiensi di Kantor Kadin PB Pandeglang di Jalan Ciwasiat, Kamis (5/3) siang.

Dikatakan dia, ini bukan hal yang baru bagi para pedagang terutama kuliner. Karena saat Kadin Pandeglang di bawah kepemimpinan Juanda juga masuk dalam binaan. Namun satu periode ini para pedagang terabaikan oleh pengurus Kadin Pandeglang.

“Memang satu periode (kepengurusan Kadin Pandeglang, red) kita terabaikan dan Alhamdulillah dengan Kadin PB ini kita sangat diperhatikan, difasilitasi, dan akan dibina,” ujar pria yang memiliki usaha kuliner ini.

Mengenai program jangka pendek, sambung Mang Soleh, pihaknya menginginkan Kadin PB Pandeglang pada momen Ramadan untuk bisa memfasilitasi pedagang berjualan di Alun-alun Pandeglang.

“Untuk jangka pendek, kita menginginkan Bazar Ramadan di Alun-alun Pandeglang. Karena itu sudah menjadi agenda rutin tahunan,” tukasnya.

Mengenai pedagang yang saat ini berjualan di Alun-alun Pandeglang, menurut dia, itu juga harus diantisipasi. Sebab, pedagang yang masuk paguyuban berjumlah 42 pedagang sudah tertib dengan menempati kawasan Perhutani dan Gedung Juang.

“Pedagang di alun-alun itu tidak masuk kelompok kami. Kita ini kan sudah tertib tapi masih ada pedagang yang tidak tertib,” pungkasnya.

Direktur Eksekutif (DE) Kadin PB Pandeglang, Entus Mujani mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor: 01 Tahun 1987 tentang Kadin, sebagai wadah para pengusaha maka Kadin hadir untuk memfasilitasi kepentingan pedagang dan UMKM yang ingin melaksanakan Bazar Ramadan di Alun-alun Pandeglang.

Di samping itu juga akan melakukan pembinaan pedagang dan UMKM yang ada di Kabupaten Pandeglang dalam hal peningkatan sumber daya manusia (SDM), manajemen usaha, dan etika usaha, dan lainnya. Tujuannya agar UMKM ataupun pedagang bisa menjalankan usahanya secara profesional.

“Untuk itu para pedagang atau UMKM diharuskan menjadi anggota Kadin PB Pandeglang dengan cara mengajukan permohonan KTA Kadin PB dengan melampirkan izin usaha dan KTP. Dengan memiliki KTA Kadin PB, pedagang atau UMKM berhak mendapatkan pembinaan secara intensif dari Kadin PB untuk pengembangan usahanya,” jelasnya.

Ketua Kadin PB Pandeglang, Raden Deden Hertandi mengatakan, pihaknya siap membina pedagang dan UMKM.

Apalagi di Kadin PB Pandeglang sudah ada Bidang UMKM dan Koperasi yang bertanggung jawab mengurusi pedagang, UMKM, dan koperasi.

“Dari awal saya katakan bahwa Kadin PB Pandeglang itu bukan hanya organisasi pengusaha jasa konstruksi, melainkan lebih luas tugas dan kewenangannya. Kita berusaha untuk memfasilitasi dan melakukan pembinaan agar para pelaku usaha kecil ini semakin berdaya dan memiliki daya saing,” kata Deden. (rie/red)

4 KOMENTAR

  1. Hello, this weekend is pleasant in support of me, because this moment i am reading this
    enormous informative piece of writing here at my home.

  2. Good day I am so happy I found your blog page, I really found you by error, while I was browsing on Yahoo for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say thanks a lot for a
    marvelous post and a all round exciting blog (I also love the
    theme/design), I don’t have time to look over it all at the moment but I have saved it and also
    added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the excellent job.

  3. you’re actually a excellent webmaster. The website loading pace
    is incredible. It sort of feels that you are doing any
    unique trick. In addition, The contents are masterpiece.
    you’ve performed a fantastic job on this subject!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here