Kam. Mei 23rd, 2019

Kabid DPMD Banten : Produk Unggulan Desa Harus Mampu Bersaing Dengan Produk Lain

RESONANSI.id- Produk unggulan desa harus mampu bersaing dengan produk lain  agar mampu mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.
“BUMdes yang merupakan Badan Usaha Milik Desa harus bisa menciptakan beragam usaha masyarakat serta produk unggulan desa lainnya”, Hal ini diungkapkan Teti Elwati Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Provinsi Banten saat kunjungan kerja ke Desa Kadumadang Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Kamis, 16/05/2019.

Dalam kunjungan kali ini, tim DPMD Provinsi Banten lebih fokus terhadap berbagai Produk Unggulan desa serta Monitoring dan Evaluasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di beberapa desa dan Kecamatan Kabupaten Pandeglang diantaranya yaitu Kecamatan Saketi dan Kecamatan Cimanuk.

Menurut beliau dari 11 BUMdes yang ada di Kecamatan Cimanuk dinilai masih sedikit yang bergerak dan fokus dalam bidang usaha tertentu. Bahkan hanya beberapa desa saja yang terlihat berjalan dan terlihat usahanya.

Teti menambahkan, Desa Kadumadang yang bergerak dalam bidang usaha pengolahan ikan nila harus terus berinovasi dan dikembangkan baik dalam kemasan, rasa maupun lainnya. Serta harus mampu mencontohkan kepada BUMDes lain agar bisa mengikutinya khususnya di Kecamatan Cimanuk.

“Ini sudah bagus, ikan nila dibuat menjadi dendeng, kerupuk dan ikan krispi kalau bisa dibuat yang lain misalnya abon dan sebagainya”, Ungkapnya.

Lain halnya dengan Tuti pengrajin dendeng ikan nila sekaligus pengurus BUMDes, mengungkapkan ada banyak kendala yang sering dihadapi dalam usahanya, salah satunya yaitu alat oven, harga ikan nila yang tidak stabil, bahan bumbu harganya melonjak naik. Sehingga biaya produksi terlalu tinggi dan sulit dipasarkan jika produk nya dijual dengan harga mahal.

“Saat inimah yang penting kami jalan dulu usahanya, soal keuntungan biar aja dikit juga. Yang penting ibu ibu lainnya juga sebagai anggota kelompok dapet kerjaan dan keuntungan”, Tuturnya. (Als/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *