Ming. Sep 22nd, 2019

resonansi.id

News and Life Style

STISIP Banten Raya Kembangkan Olahraga Melalui Ukamora

2 min read

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/resonans/public_html/wp-content/plugins/easy-watermark/src/classes/Features/SrcsetFilter.php on line 174

Oleh : Darla Efendi, M.Pd

Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga (Ukamaora) adalah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak pada kegiatan-kegiatan olahraga di bawah Pembinaan Kemahasiswaan STISIP Banten Raya, yang beralamat di, Jl. Raya rangkasbitung Km. 04 Pandeglang no. 3, Kode Pos 42251, telp./Faks. (0253) 203749 e-mail: stisip.043239@gmail.com.

Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga (Ukamaora) memiliki komitmen terhadap peningkatan prestasi olahraga di STISIP Banten Raya khususnya dan secara umum di Provinsi Banten, komitmen ini memiliki keyakinan karena; Pertama Mahasiswa STISIP Banten Raya mempunyai jiwa perjuangan yang tinggi terhadap peningkatan prestasi olahraga.

Kedua Mahasiswa STISIP Banten Raya, dapat diorganisi dengan mudah, komitmen tinggi terhadap perkembangan olahraga. Ketiga Mahasiswa STISIP Banten Raya, memiliki Moto bahwa jati diri anak bangsa biasa di ukur melalui potensi olahraga. Unit Kerja Mahasiswa Olahraga STISIP Banten Raya sebagai wadah mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan olahraga di tingkat mahasiswa, yang diatur pada :

1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 139 Tahun 2014, Tentang Pedoman Statuta dan Organisasi Perguruan Tinggi.

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 4 Tahun 2014, Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Tata aturan di atas memiliki tolak ukur bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,

Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.

Salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan adalah pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional, maka perlu adanya peningkatan pemahaman nilai kurltural, dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreatifitas Mahasiswa, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktifitas pengembangan bakat, minat, dan kemampuan mahasiswa di bidang olahraga. Olahraga yang dikutif dari UNESCO mendefinisikan olahraga sebagai “setiap aktivitas fisik berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri sendiri”.

Sedangkan Dewan Eropa merumuskan olahraga sebagai “aktivitas spontan, bebas dan dilaksanakan dalam waktu luang”. Definisi ini merupakan cikal bakal adanya Panji olahraga di dunia “Sport for All” dan di Indonesia tahun 1983, “Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragaka Masyarakat” (Rusli dan Sumardianto, 2000: 6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori