Rab. Jun 19th, 2019

Turunkan Penumpang Dijalan, Oknum Awak Bus Murni Jaya Diamankan Polisi

RESONANSI.id – Oknum awak Bus Murni Jaya berulah dengan menurunkan penumpang di tengah perjalanan. Diduga kuat, penumpang yang diturunkan paksa tidak membayar tarif sesuai permintaan oknum awak bus tersebut pada Minggu (2/6/2019).

Namun, Satlantas Polres Pandeglang bergerak cepat setelah menerima laporan langsung mengamankan bus dan digelandang ke Mapolres Pandeglang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pihak sopir dan kondektur mematok ongkos sebesar Rp 100 ribu untuk tiap penumpang tujuan Kalideres-Labuan. Padahal menurut tarif yang sudah diseusaikan hanya berada dikisaran Rp. 55 sampai Rp. 60 ribu untuk rute Kalideres-Labuan.

Salah seorang masyarakat Pandeglang, Budi Saputra mengatakan banyak oknum angkutan umum yang meminta tarif di luar kebijakan yang diberlakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang.

“Pada hari biasa tarif angkutan umum dari Pandeglang-Jakarta biasanya hanya Rp30.000, tapi pas mau lebaran naik dua kali lipat berkisar antara Rp60.000 hingga Rp70.000, kami merasa resah dan rugi oleh kenek bus,” kata Budi, Minggu (2/6/2019).

Penumpang yang diturunkan di pinggir jalan kemudian melaporkan kepada Polres Pandeglang. Berbekal laporan tersebut, Polres Pandeglang melalui Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Tesyar Rhofaldi Priyatno, melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap mobil angkutan orang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Murni Jaya yang menaikan tarif sepihak.

“Ya (kami melakukan penangkapan). Itu tadi ada (Bus Murni Jaya) yang melakukan pemungutan tarif yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah,” ucap Tesyar, Minggu (2/6/2019).

Lebih lanjut Tesyar mengatakan, Bus Murni Jaya jurusan Labuan-Kalideres itu sudah ada di Mako Polres Pandeglang untuk dilakukan penahanan.

“Sekarang ada di Polres, kita tahan dulu biar ada efek jera aja,” jelasnya.

Ia menghimbau agar para pengusaha bus tidak melakukan pungutan terhadap para penumpang bus dengan melebihkan tarif secara sepihak. (Faz/Red)

1 thought on “Turunkan Penumpang Dijalan, Oknum Awak Bus Murni Jaya Diamankan Polisi

  1. Udah dr zaman ki benen bis itu mah suka naikin tarif diatas normal pa pulici,nanti negolosiasi lg, bebas lg narik, bebas lg naikin tarif diatas ketentuan,kpn berakhirnya pa pulici gak kapok2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *