Kam. Okt 17th, 2019

resonansi.id

News and Life Style

UT Jadi Pionir Pembelajaran Online di Indonesia, Lulus S1 Bisa 3,5 Tahun

2 min read

RESONANSI.ID, SERANG – Direktur Universitas Terbuka (UT) UPBJJ Serang, Maman Rumanta, menegaskan bahwa UT saat ini merupakan lembaga perguruan tinggi yang menjadi pelopor pembelajaran online.

Tidak hanya pembelajaran, semua proses di UT bisa dilakukan secara online, mulai registrasi hingga ujian.

“Kita menggunakan sistem pembelajaran online penuh. Ternyata pembelajaran online akan jadi pembelajaran masa depan. Era digital ini mau tidak mau telah merubah pola-pola pembelajaran, dari yang tadinya tatap muka, sekarang mulai mengarah ke online,” ujar Maman Rumanta dalam sambutannya pada acara penandatanganan MoU antara UT UPBJJ Serang dengan PWI dan KPID Banten, Senin (9/9/2019).

Dikatakan Maman, di era industri 4.0 saat ini dunia pendidikan harus mampu menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Salah satu yang saat ini jadi pilihan adalah pembelajaran dengan sistem online.

“UT jadi pionir dalam hal ini, memimpin pembelajaran online di Indonesia. Era industri 4.0 ini, membawa perubahan pada dunia pendidikan. Bahkan UI, ITB, UGM, universitas ternama juga sedang ingin mengadopsi pembelajaran online di UT,” jelas Maman.

Dalam MoU yang dilakukan bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banten dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Banten ini, UT UPBJJ Serang berkomitmen untuk mendorong peningkatan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Banten.

“APK Perguruan Tinggi di Banten masih tidak terlalu tinggi, seharusnya bisa di atas rata-rata nasional. Karena itu, UT ingin membantu bersama-sama Pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya peningkatan APK ini,” ungkap Maman.

Melalui kerjasama dengan PWI dan KPID, diharapkan bisa lebih aktif penyebarluasan informasi dan pemberitaan tentang UT, agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan UT bisa terekspos oleh banyak media di Banten,” imbuhnya.

Dijelaskan juga, bahwa masyarakat dari semua kalangan sangat mudah untuk bisa mengenyam pendidikan di UT, karena tanpa seleksi dan tanpa batasan usia.

“Masuk UT tanpa tes untuk Strata 1, siapa saja bisa masuk. Dari kalangan manapun. Syaratnya hanya satu, mau belajar. Bahkan untuk lulus kuliah di UT bisa ditempuh hanya 3,5 tahun, bagi yang punya waktu bisa ngambil 24 SKS, sehingga pembelajaran lebih singkat. Jadi kuncinya Asal mau belajar,” tandasnya.

Saat ini UT bisa memberikan akses pendidikan bagi mahasiswa dari 39 negara. UT UPBJJ Serang juga menyelenggarakan sejumlah program dari Diploma, Sarjana, Pasca Sarjana, dan tahun depan akan dibuka program doktoral S3.

Saat ini UT terdiri dari 4 fakultas, yakni FKIP, FISHIP, Ekonomi, Since dan Teknologi, dengan 39 prodi. Dan Program S3 ADM Publik dan Manajemen. (Yul/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori