Warga Sekitar PLTU Suralaya Dikejutkan Dengan Hujan Debu

RESONANSI.ID, CILEGON – Hari ini terjadi fenomena alam yang unik di Kota Cilegon. Awalnya warga menyangka tengah terjadi turun salju di lingkungan mereka, nyatanya hujan debu. Fenomena ini terjadi di Lingkungan Kotak Malang, Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, pada Senin 22 Februari 2021. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, turunnya hujan debu berwarna coklat tersebut berlangsung selama 30 menit.

Syafrudin seorang warga setempat mengaku kaget melihat turunnya hujan debu.

“Saya sedang cuci ikan, eh debu-debu turun dari langit. Tik tik tik, suaranya begitu. Lihat ke langit, warnanya coklat. Tapi tidak ada awan, aneh memang,” tuturnya.

Senikam seorang warga lainnya, mengaku aneh dengan turunnya hujan debu itu.

“Kami sedang ngelas, tiba-tiba saja turun hujan debu itu. Terasanya seperti hujan rintik, makanya tadi ada yang teriak-teriak turun salju,” katanya.

Saat ngelas, Senikam dan rekan-rekannya menggunakan peralatan fabrikasi lengkap. Makanya, ia tidak merasakan dampak hujan debu tersebut secara fisik.

“Kami memang ngelas di area terbuka, tapi kami pakai helm, kaca mata las, masker, jaket, serta alat kelengkapan lainnya. Jadi gak merasakan gangguan pernapasan dan lain-lain. Hanya sensasinya seperti sedang diguyur hujan rintik,” ujarnya.

Sementara Masnan Arulloh, tidak melihat langsung hujan debu tersebut. Ia hanya terkaget dengan banyaknya debu di gantungan cucian depan rumah.

‘”Lihat cucian, kok kotor. Lantai rumah juga kotor. Debunya tebal, ini baru pertama kali terjadi di sini,” ucapnya.

Masnan menduga jika hujan debu tersebut berasal dari PLTU Suralaya.

“Ini sih sepertinya dari PLTU Suralaya,” katanya.

Sementara itu, Manajer Humas PLTU Suralaya Afrizal tak menampik adanya peristiwa itu. Sayangnya ia tak menjelaskan secara detail Terkait hal tersebut. “Ya itu gangguan sesaat,” Katanya singkat. (Leo/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here